Sunday, 19 January 2014

Operasi Hitung kelas 4

I.       Berilah tanda silang pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar!

1.      Operasi hitung di bawah ini yang menunjukkan sifat asosiatif adalah . . . .
a.    23 + 17 = 17 + 23                                  c. 12 x ( 3 x 5 ) = ( 12 x 3 ) x 5
b.   12 + ( 8 x 2 ) = ( 12 + 8 ) x 2                d. ( 4 x 10 ) + ( 4 x 5 ) = 4 x ( 10 + 5)

2.      Operasi hitung di bawah ini yang menunjukkan sifat distributif adalah . . . .
a.    ( 20 : 5 ) – ( 15 : 5 ) = ( 20 – 15 ) : 5     c. ( 16 + 14 ) + 10 = 16 + ( 14 + 10 )
b.   4 x ( 12 + 8 ) = ( 4 x 12 ) + 8                d. 18 x 4 = 4 x 18

3.      ( 35 x 4 ) + ( 4 x 12 ) = n x ( 35 + 12 ). Nilai n adalah . . . .
a.    35                          b. 24                           c. 12                           d. 4

4.      12 + ( p + 15 ) = ( 12 + 10 ) + q. Nilai p dan q berturut-turut adalah . . . .
a.    10 dan 15               b. 10 dan 12               c. 12 dan 15               d. 12 dan 10

5.      125 x 5 = 5 x 125
      Operasi hitung di atas menunjukkan sifat . . . .
a.    asosiatif                  b. komutatif               c. distributif              d. perkalian 
          
6.      Bilangan 6.523 di baca . . . .
a.    Enam ribu lima ratus dua puluh                  c. Enam ratus lima puluh dua
b.   Enam ribu lima ratus dua puluh tiga           d. Enam ribu lima ratus tiga puluh dua

7.      Nilai angka 6 pada bilangan 363.765 adalah . . . .
a.    60.060                     b. 60.000                     c. 6.000                   d. 60

8.      Nilai tempat angka 5 pada bilngan 254.342 adalah . . . .
a.    Ratus ribuan            b. puluh ribuan            c. ribuan                 d. ratusan

9.      Dua puluh delapan ribu enam retus enam ditulis dengan lambang . . . .
a.    28.660                     b. 28.606                      c. 28.060                d. 18.066

10.  Aku adalah suatu bilangan dengan angka 2 pada ratus ribuan dan puluhan, angka 7 pada ribuan, angka 9 pada puluh ribuan dan ratusan, dan angka 4 pada satuan. Aku adalah bilangan . . . .
a.    297.924                   b. 227.949                    c. 247.994              d. 27.994

11.  Selisih nilai angka 5 pada bilangan 205.459 adalah . . . .
a.    49.995                     b. 49.950                       c. 4.995                 d. 4.950

12.                            
3
5
7
2
9
1
      Bilangan 6 angka dengan nilai terbesar yang dapat di bentuk dari angka-angka di atas adalah . . .
a.    975.321                    b. 957.123                    c. 123.597             d. 123.579


13.  Urutan bilangan dari yang terbesar adalah . . . .
a.    52.402; 52.502; 52.201; 52.102; 52.002
b.   52.002; 52.102; 52.201; 52.402; 52.502
c.    52.502; 52.402; 52.102; 52.201; 52.002
d.   52.502; 52.402; 52.201; 52.102; 52.002

14.  Panjang terowongan Hokoriko di Jepang adalah 13.490 m. panjang terowongan Coscade di Amerika Serikat adalah 13.170 m. terowongan mana yang lebih panjang adalah . . . .
a.    13.490 m                                                c. terowongan Hokoriko di Jepang
b.   13.170 m                                                d. terowongan Coscade di Amerika Serikat

15.  Jumlah nilai angka 9 pada bilangan 129.495 adalah . . . .
a.       8.910                      b. 8.995                        c. 9.009                   d. 9.090


II.    Kerjakan dengan teliti!
1.      Kerjakan dengan menggunakan sifat asosiatif!
6 x 7 x 5 = . . . .
2.      Kerjakan dengan menggunakan sifat distributive!
10 x ( 12 + 23 ) = . . . .
3.      Kerjakan dengan menggunakan sifat asosiatif!
a.       6 x 7 x 5 = . . . .
b.      541 + 17 + 9 = . . . .
4.      Kerjakan dengan menggunakan sifat distributive!
a.       10 x ( 12 + 23 ) = . . . .
b.      263 x 4 = . . . .

No comments:

Post a Comment